Haflatul Id Wanita Al-Irsyad Jabar Bersama Isteri Gubernur

Suasana Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat dan kreatifitas srikandi-srikandi Al-Irsyad di Jawa Barat. Hari ini (Ahad 31 Mei 2020), Pengurus Wilayah Wanita Al-Irsyad Jawa Barat tetap menggelar Haflatul ‘Idul Fitri 1441 H atau yang biasa dikenal dengan acara Halal bi Halal meski melalui online. Haflatul Ied virtual ini diikuti oleh keluarga besar Wanita Al-Irsyad se-Jawa Barat.

Acara yang rutin dilakukan setiap tahun ini terpaksa dilakukan secara online melalui aplokasi zoom karena pandemi covid-19 yang tengah melanda bangsa Indonesia dan agar tetap patuh mengikuti arahan dan protokol kesehatan.

Tatap muka satu sama lain antar peserta secara live via aplikasi zoom diikuti oleh para pengurus di 11 kabupaten/kota di Jawa Barat. Bahkan beberapa pengurus dari cabang-cabang lain diluar Jabar juga turut serta, seperti cabang Bojonegoro. Acara ini diikuti pula oleh istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil, Ketua Pengurus Besar Wanita Al-Irsyad, Fahimah Askar, dan Ketua Pimpinan Wilayah Al-Irsyad Al-Islamiyyah Provinsi Jawa Barat, Hamid Balfas.

Haflah Iedul Fitri Wanita Al-Irsyad Jawa Barat ini dimoderatori oleh Madihah Bajri, wakil ketua PW Eanita Al-Irsyad Jabar, berlangsung lancar dan khidmat. Seluruh rangkaian acara pada sesi pertama selama 45 menit yang telah disiapkan diikuti oleh seluruh nara sumber yang diundang termasuk Ibu Atalia Ridwan Kamil.

Dalam sambutan pertamanya sekaligus pembuka acara, Ketua PW Wanita Al-Irsyad Jawa Barat Laila Syahbal menyampaikan tahniah Idul Fitri yang diiringi dengan doa kepada seluruh nara sumber yang hadir serta keluarga Besar Wanita Al-Irsyad di Jawa Barat.

Ketua PW Wanita Al-Irsyad Jawa Barat, LAYLA SYAHBAL, menyampaikan sambutan dari Bogor

Laila Syahbal menyebutkan, tantangan teknologi saat ini menjadikan Wanita Al-Irsyad akan tetap konsisten dalam berkiprah bagi umat. Kegiatan-kegiatan yang berorientasi dakwah dan sosial tetap berjalan meski semua pengurusnya berada di rumah masing-masing akibat Covid-19.

“Jadi kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan oleh Wanita Al-Irsyad di Jawa Barat seperti pengembangan cabang, pembinaan atau kaderisasi pengurus, majelis taklim, pengembangan pengelolaan TK dan Paud, dan kegiatan lainnya dalam rangka memajukan wanita Islam, menjadikan Wanita Al-Irsyad turut andil dalam membangun bangsa,” kata Layla.

Atalia Ridwan Kamil menyambut baik kegiatan positif ini. Dia sangat bahagia dan mengapresiasi kegiatan online ini sebagai bentuk kemajuan bagi organisasi wanita Islam, khususnya Wanita Al-Irsyad. “Wanita Al-Irsyad mampu dan mengikuti teknologi informasi, sehingga semua kegiatan yang berbasis online seperti Haflah Idul Fitri ini dapat mudah dan sukses dilaksanakan,” katanya.

Isteri Gubernur Jawa Barat ATALIA PRARATYA RIDWAN KAMIL tengah menyamapikan sambutan

Atalia Ridwan Kamil juga menyatakan bahwa dirinya merasa sangat dekat di hati dan memiliki ikatan emosional dengan keluarga besar Wanita Al-Irsyad, dan karena itu merasa terharu dan bahagia bisa berkenalan dan berada di tengah-tengah keluarga besar Wanita Al-Irsyad, khususnya di Jawa Barat.

Dalam sambutannya itu, Atalia juga menyatakan apresiasinya terhadap kiprah dan program yang telah dilaksanakan oleh Wanita Al-Irsyad, baik secara nasional maupun di Jawa Barat. “Wanita Al-Irsyad memiliki sejarah yang luar biasa bagi bangsa ini. Dari literasi yang saya baca, ternyata Al-Irsyad terbilang organisasi sepuh di Indonesia, sudah berdiri jauh sebelum kemerdekaan, yaitu sejak 1914 telah berkiprah bagi umat, dan Wanita Al-Irsyad sudah melakukan hal yang sama sejak dibentuk pada tahun 1939,” katanya.

“Alhamdulillah kita tetap bisa melaksanakan Haflah Iedul Fitri meskipun secara virtual, berbeda tahun lalu kita bisa berjabat tangan secara langsung. Namun kali ini kita maksimalkan untuk saling memaafkan,” kata Atalia.

Ketua Pengurus Besar Wanita Al-Irsyad, Fahimah Askar, selain meyampaikan ucapan Tahniah Idul Fitri dan terima kasih kepada seluruh para pengurus Wanita baik di tingkat wilayah maupun cabang, juga menyambut baik seluruh rangkaian kegiatan Wanita Al-Irsyad di Jawa Barat yang telah bersinergi dalam program nasional PB Wanita Al-Irsyad.

Sementara itu, Ketua PW Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jabar, Hamid Balfas, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kiprah yang telah dilakukan oleh Wanita Al-Irsyad di Jawa Barat. Dalam pesannya, ia mengutip dan mengingatkan simbol-simbol dalam logo Al-Irsyad, terutama yang fundamental di tiga logo utamanya yaitu Al-Qur’an (Q), Al-Hadits (H) dan Bahasa Arab (Dhod), hendaknya dijadikan sebagai landasan Wanita Al-Irsyad dalam berkiprah dan berjuang, baik secara khusus untuk anggota-anggotanya, maupun muslimah pada umumnya.

HAMID BALFAS, Ketua Pimpinan Wilayah Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jawa Barat

Sementara itu, saat mengawali acara ini yang diselingi oleh pembawaan Mars Al-Irsyad secara audio, Madihah Bajrei yang juga dosen di UNIKOM menilai adanya acara Haflah Iedul Fitri secara online ini karena adanya pandemi tidaklah mengurangi nilai keberkahan silaturahmi.

Selamat kepada Wanita Al-Irsyad, khususnya di Jawa Barat yang telah berkemajuan secara teknologi. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. Taqoballahu Minna Waminkum, Kullu Am Wa Antum Bikhair. (Madihah)

SUMBER: Inilah Bandung, alirsyadbogor.com dan Republika Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *